Daftar Makanan Khas Sunda


Lihat dan hitung, seberapa banyak aplikasi Android yang Anda instal di smartphone Anda? 

Pernahkah terbersit di benak Anda bagaimana cara membuat aplikasi-aplikasi tersebut?

Apakah Anda Saat Ini Ingin Sekali Bisa Bikin Aplikasi Android Sendiri? Seperti aplikasi game edukasi, media pembelajaran, aplikasi berbasis sensor, aplikasi multimedia, dan lain sebagainya?

Tetapi

1. Tidak Ngerti Coding
2. Tidak Tahu Computer Programming
3. Tidak Paham Bahasa Pemrograman Android
4. Dan Sama Sekali Bukan Lulusan IT?

Jangan Khawatir ...
Ternyata, bikin aplikasi Android itu SANGAT MUDAH, bahkan bagi Pemula sekalipun.

Sekarang Anda bisa bikin aplikasi Android dengan Cepat, bahkan TANPA HARUS CODING.

Tak peduli apapun latar belakang Anda, bikin aplikasi Android itu MUDAH, semudah bermain Puzzle.

Anda Hanya Perlu 4 Langkah berikut ini :

1. Drag & drop komponen-komponen yang dibutuhkan
2. Percantik tampilan aplikasi dengan mengatur layout dan desain tampilan
3. Susun blok-blok kode programnya, dan
4. Build aplikasi Anda jadi file instalasi *.APK

Lantas, Bagimana Cara Memulainya?
Mudah kok, karena sudah hadir untuk Anda Di Sini :


Video tutorial yang membahas cara membuat aplikasi Android dengan sangat MUDAH, CEPAT, & TANPA CODING menggunakan tools App Inventor 2. 
Berbicara tentang kuliner, Makanan khas Sunda memang memiliki rasa yang sangat enak, salah satunya adalah cireng Bandung yang legit dan nikmat. Sunda bukan hanya dikenal sebagai suku di Indonesia yang memiliki budaya ramah dan bersahaja, tapi juga makanan yang ramah di mulut.

Seperti yang kita ketahui, Sunda berasal dari Jawa Barat. Maka dari itu, makanan khas sunda adalah berbagai makanan yang terdapat di daerah Jawa Barat. Dan pada kesempatan kali ini Espilen Blog akan membagikan kumpulan makanan khas Sunda, Jawa Barat, yang banyak tersedia di daerah seperti Bandung, Sumedang, Cianjur, Tasikmalaya, Majalengka, Garut, Cirebon, Bogor, dan masih banyak lagi.


1. Tahu Sumedang
Makanan Khas Sunda
Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan makanan olahan tahu khas Sumedang yang biasa dicampur dengan cabai, ataupun yang lainnya.


2. Karedok
Makanan Khas Sunda
 Merupakan makanan khas daerah di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.


3. Perkedel Bondon


Masakan Khas Sunda
Perkedel kentang yang dimasak atau digoreng di atas tungku api, dan bahan bakan untuk menyalakan api/baranya menggunakan kayu atau arang. Mungkin cara memasaknya ini lah yang membuat perkedel ini sangat nikmat disajikan panas panas dan dengan sambal saja sudah cukup untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap.


4. Gepuk

Gepuk
Gepuk adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi,terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah mateng, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan.kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat.Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambel yang kami sediakan.


5. Colenak
Masakan Sunda
Makanan khas Sunda yag berikutnya dalah Colenak yang merupakan singkata dari dicocol enak (Bahasa Sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.



6. Nasi Timbel
Makanan Sunda
Merujuk kepada cara memasak dengan membungkus nasi panas di dalam daun pisang. Panas nasi menjadikan aroma daun pisang luruh dan menambah aroma nasi. Caranya hampir sama dengan membuat lontong; ditekan, dipadatkan, dan digulung dengan daun pisang; biasnya disajikan bersama beberapa pilihan lauk-pauk teman nasi seperti ayam, bebek, atau merpati goreng, empal gepuk, jambal roti, tahu, tempe, sayur asem, lalab dan sambal. Nasi timbel pada perkembangannya mengilhami resep nasi bakar.


7. Cireng
Cireng
Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa Sunda untuk ‘tepung kanji goreng’) adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Baca juga : Resep Cireng Bandung


8 Misro

Misro
Misro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng, karena itulah dinamai Misro yang merupakan kependekan dari amis di jero (bahasa Sunda, artinya: manis di dalam). Bentuknya bulat. Makanan ini enak disantap saat hangat.

    1. Surabi
    2. Tahu Sumedang
    3. Tahu Gejrot
    4. Bala-bala
    5. Cilok, Aci dicolok (Bahasa Sunda: "tepung sagu dicolok")
    6. Cimol, bola sagu
    7. Leupeut, compacted rice with or without filling, wrapped in young coconut leaf
    8. Peuyeum sampeu
    9. Peuyeum ketan
    10. Comro, Oncom dijero (Bahasa Sunda: "oncom di dalam")
    11. Misro, Amis dijero (Bahasa Sunda: "manis di dalam")
    12. Odading
    13. Dodol Garut
    14. Kolontong
    15. Opak
    16. Ranginang
    17. Kalua
    18. Ladu
    Demikianlanh informasi Makanan Khas Sunda diatas yang mungkin bisa menjadi referensi tambahan bagi kita semua.

    Pengelola Blog : ABDUL WAHAB

    Judul : Daftar Makanan Khas Sunda
    Ditulis oleh : Kejutan Internet pada hari
    Rating Blog : 5 dari 5
    Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Daftar Makanan Khas Sunda
    Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman anda.
    Namun jangan lupa harap memberikan link aktif dofollow yang mengarah ke URL ini ya
    http://kejutaninternet.blogspot.com/2013/10/daftar-makanan-khas-sunda.html

    Dan Terima kasih sekali lagi atas kunjungan Anda.

    Kritik dan saran atau apapun bisa anda sampaikan melalui kotak komentar.
    Dan mohon maaf jika komentar atau pertanyaan tidak bisa cepat saya respon,
    karena Saya tidak bisa selalu online selama 24 Jam.


    Mau Di Buatkan Blog Siap Pakai Seperti Ini ?.

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »